Cara Membuat Archive Blog yang Lebih Baik (Fresh Trick)

Posted on Feb 23, 2013

Archive or Daftar isi pada blog sangat penting dipasang. Semua visitor kita dapat lebih mudah mengetahui semua postingan kita, mereka dapat memilah dan mimilih lebih banyak sesuai yang mereka butuhkan, oleh karena itu saya akan mengeshare cara membuat archive dengan tampilan baru.

Ini trik baru yang telah saya edit dan kembangkan dari bloggerplugins.org, saya berterimakasih kepada pihak di atas. Lalu apa kelebihan dengan archive lainnya?

Contoh

Archive Blog Netfori

DEMO LIVE
Beberapa cool features-nya:
  • Menggolongkan dengan judul-nya (ascending or descending) - dengan mengklik "Judul Posting" di table header.
  • Menggolongkan dengan tanggal (older first or newer first) - dengan mengklik "Tanggal Posting" di table header.
  • LEBIH CEPAT, mengapa? karena dengan trik ini, semua widget di samping kanan maupun kiri, akan hilang dengan sendirinya.
  • Akan ada penjelasan seditkit tentang isi postingan, ketika mouse kita dekatkan ke link-nya.
Kelemahan dari penggunaan script ini adalah:
  • Anda tidak dapat mengubah format tanggal.
  • Anda tidak dapat mengubah table headernya.
Sebenarnya bisa, tetapi haru mengubah javascriptnya.

Ini Dia Cara Untuk Mengaplikasikannya
  1. Buat halaman baru bisa lewat "Buat Laman" atau-pun lewat "Entri Baru" tetapi lebih dianjurkan untuk membuat lewat"Buat Laman".
  2. Beri judul untuk laman anda, tentu saja misal: "Archive" or "Daftar Isi" 
  3. Masuk pada HTML TAB > Paste kode di bawah ini:
  
    4. Preview, and then save it! (jika sudah final)

Note: Jika anda tidak ingin menampilkan tanggal anda dapat menambahkan kode di bawah ini setelah kode css di atas tadi:

Contoh

Archive Blog Netfori


  
Demikian tutornya, diambil dan dikembangkan lagi oleh ini dari sini. Terimakasih.

Artikel Terkait :



Bagi yang merasa artikel ini menarik, dan ingin menyebarluaskannya dimohon bagi siapa pun yang ingin mengutip diwajibkan untuk mencantumkan kode link di bawah ini. Hargailah karya cipta orang lain. Terimakasih.

34 comments:

  1. @ALt Amiend: memang benar sob, kalo sama ya aneh... :)

    ReplyDelete
  2. wah mantap nih sob,ijin kopas untuk disimpan ya,buat blog yang lainnya,thks ya tutorialnya.

    ReplyDelete
  3. @zig zoor: oke boleh aja, yang penting sertakan link sumber.. :)

    @alt amiend: terimakasih telah bekerjasama.

    ReplyDelete
  4. wah .. keren sobat ... :D

    ReplyDelete
  5. Bagus juga tuh. Makasih udah share :) Hehe

    ReplyDelete
  6. @Nazar Dark:Waw makasih sob pujiannya...

    @Achmad Muharya: Memang sob. Lebih simple.

    @febriansyah haq: Iya sama-sama :)

    @Herman Bagus: Iya sob memang.

    Terimakasih untuk semua sudah berkenan berkunjung ke blog ini. :)

    ReplyDelete
  7. Daftar isi atau archivenya model baru ini sob,terlihat macam semacam daftar isi yang seperti dibuku sob :)

    Lain kali saya pakai model archive ini sob.Thks sob.

    ReplyDelete
  8. @Abed Siragih: Oke silahkan saja.

    ReplyDelete
  9. nice kapan2 saya ambil, tapi mungkin ada sedikit yang harus dirubah -__-

    ReplyDelete
  10. hehe, boleh juga,, nanti bisa aku coba,, sekarang lagi buru2.. :D

    ReplyDelete
  11. saiia mau pasang ini kang.. tapi kendala saiia adalah.. laman page saiia, kepotong.. en gag bisa di buka (klik) tulisan 'selengkapnya' itu kang... ada saran..?!?!

    ReplyDelete
  12. Aku lihat demonya keren, script saya copy pula....
    Makasih infonya

    Ohya maaf ya kelamaan nunggu follow dari aku. Kali ini lancar mas aku member #44.
    Tapi Profilmu memang tak ada di Campoeng Cmoneng, coba cek

    ReplyDelete
  13. Lebih cepa ya loding nya. Nice tutorial gan. Mantap mampir ya

    ReplyDelete
  14. Saya datang lagi Mas..., mohon maaf kalo ada sesuatu yg kurang ya..... Saya berharap kita menjadi sahabat yang akrab ke depan dan ke depannya...
    Salam sukses untuk blog netfoi

    ReplyDelete
  15. bagus ternyata tuh sob.. :D cuman ada tanggalnya itu lohh... :D

    ReplyDelete
  16. baguss nihh sob untuk uji coba :D

    ReplyDelete
  17. Pokok Nya Backlinks Terus Gan :-)

    Di Tunggu Backlinks Nya :D

    ReplyDelete
  18. kereen mas dan simple . izin mencoba :D

    ReplyDelete
  19. ijin bookmark dulu gan belum terlalu ngerti nhe..

    ReplyDelete
  20. wah, asik juga tuw. spya bisa liat artikel terdahulu, ntar ane coba ah...

    ReplyDelete
  21. @Hanif: Silahkan diambil. Tapi jangan lupa kasih link sumber. Gak asal KUTIP.

    @News IP: Buru-buru kemana sih. Kok gak stay di sini aja??

    @Belajar Photoshop "tulisan selengkapnya yang mana ya?" Perasaan hasil dari yang saya share tidak ada tulisan selngkapnya.

    @Harun Ar: terimakasih, sobat. Iya mungkin salama ini banyak salah saya juga minta maaf. Amiin sobat. Salam sukses juga buat hanuracom.

    @Aditia Novit: Oke sama-sama.

    @Lion Community : Baclink ya?

    @Yogie G. Kurniawan: Oke boleh aja silahkan di coba.

    @katumbu: oke-oke monggo.

    @Achmed Islamic Hernawan:Coba aja sekarang sob... hehehe

    Oke terimakasih dengan segala kunjungan anda dan komentar yang mendikung blog ini. terimakasih saya ucapkan sebesar-besarnya.

    ReplyDelete
  22. Keren sob :) kapan kapan saya ambil ya ;D

    ReplyDelete
  23. You made some good points .I did a little research on the topic and found that most people agree with your blog. Thanks.

    ReplyDelete
  24. Info bagus nih jadi nambah pengetahuan. terimakasih

    ReplyDelete
  25. mntab sob,,kyk daftar posting blog sobat ini ya..??

    ReplyDelete
  26. boleh juga nih infonya. akan aku coba th cara membuat archivenya. makasih udah berbagi

    ReplyDelete
  27. @Pakistani Shadi= wah bangga nih ada komen dari luar negeri. thank you very much.

    ReplyDelete
  28. alhamdulillah berhasil gan :)
    thanks..

    http://nandarious.blogspot.com/

    ReplyDelete